-->

Berbagi Sedikit Ilmu Kehidupan


 (Ujung kiri, foto penulis berbaju batik )


Oleh : Ucok Irawan

Jurusan : Sosiologi, FISIP UPR 2016


“setiap orang adalah guru, setiap tempat adalah sekolah”
KH. Hajar Dewantara


Penasaran bukan tentang alasan mengapa penulis mengutip kata-kata tokoh atau yang biasa disebutkan sebagai bapak pendidikan Indonesia diawal tulisan? Jawabannya karena kata-kata beliau relevan dengan apa yang penulis alami dan dapatkan hari ini yaitu tidak harus dari seorang guru kita mendapatkan ilmu tapi dari siapapun itu bahkan dari seorang pensiunanpun juga bisa, dan sekolah bukan hanya tempat yang saat ini kita lihat sebagai intitusi pendidikan saja tapi setiap tempatpun juga bisa dikatakan sekolah bahkan kantor dinas tempat penulis magangpun bisa dikatakan sekolah. Hal ini penulis katakan demikian karena orientasi dari kedua hal yang penulis katakan sebelumnya tentang guru dan sekolah adalah salah satu sumber dimana ilmu bisa didapatkan. Pada tulisan pertama penulis ini, penulis ingin berbagi tentang  ilmu yang penulis dapatkan dari salah seorang pensiunan kantor dimana penulis praktek kerja lapangan saat ini. Penulis saat ini sedang menjalankan praktek kerja lapangan dikantor dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana provinsi Kalimantan Tengah.

Adakah yang bertanya tentang ilmu apa yang penulis dapatkan seperti yang penulis katakan diparagraf atas? Baik kalau ada yang bertanya dan penasaran maka dibawah paragraf ini akan penulis bagikan ilmu yang penulis maksud.

Adapun alasan mengapa penulis membagikan hal ini karena penulis merasa ilmu yang telah dapatkan dan dibagikan ke penulis relevan dengan kenyataan yang terjadi saat ini di mana dalam dunia kerja bos kurang memanusiakan karyawannya, di mana orientasi dari bekerja adalah hanya soal uang , di mana barang-barang untuk bergaya lebih diutamakan daripada barang fungsional yang memiliki manfaat untuk kehidupan, di mana berbagi antar sesama saat ini sudah sukar sekali ditemukan, di mana ketika ingin menentukan jodoh sekalipun saat ini dilihat secara subyek bukan lagi secara objek dan banyak lagi pemikiran-pemikiran duniawi yang saat ini lumrah keberadaannya dimasyarakat kita.

Berikut ilmu yang penulis maksud :

1. Bekerjalah dengan jujur

Dengan bekerja secara jujur maka tidak akan terselip sedikitpun niat bekerja hanya untuk mencari untung dari pekerjaan itu (korupsi waktu kerja, korupsi anggaran dan lain-lain). Jujurlah dalam bekerja dan percayalah bahwa ada satu pengawas pekerjaan kita yang Maha mengetahui tindakan kita yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

2. Manusiakan manusia

 Dalam dunia kerja untuk membangun tatanan birokrasi yang baik dalam  instansi negeri ataupun swasta haruslah antar atasan dan bawahan saling hormat-menghormati, saling bisa menerima dan memberi masukan dan tau bagaimana menjalankan tufoksi masing-masing bagian. Bagi atasan sangat diperlukan sekali untuk meminta dengan baik kepada bawahan ketika memberikan tugas untuk bawahannya dan jangan sampai mengeksploitasi bawahan yaitu dengan memberikan tugas yang tidak berdasarkan tufoksi pekerjaan bawahan yang seharusnya.

3. Jangan pelit berbagi dalam kehidupan

Jangan takut miskin ketika berbagi karena sejatinya rejeki sudah ada yang mengaturnya dan anda tidak akan miskin karena berbagi namun percayalah bahwa setiap satu yang pergi maka akan ada satu yang datang dengan cara yang berbeda.

4. Carilah jodoh di tempat ibadah jangan di Mall

Kenapa demikian karena jika mencari jodoh di Mall orientasi orang melihat kita adalah secara subyek yaitu berdasarkan isi dompet bukan melihat secara obyektif pada diri kita. Carilah jodoh ditempat ibadah karena percayalah jodoh kita pasti kurang lebih seperti kita ketika kita menemukannya ditempat ibadah.

5. Berpikir sebelum bertindak

 Sebelum bertindak selalu pikirkan matang-matang apa yang harus kita persiapkan, dengan berpikir secara tidak langsung kita merencanakan, dengan perencanaan yang baik maka ketika kita bertindak akan membuahkan hasil yang baik pula untuk kita.

6. Komitmen dalam segala hal

Komitmen sangat diperlukan oleh setiap individu baik dalam soal percintaan maupun dalam hal pekerjaan dan dalam hal lainnya. Ketika kita sudah memilih komitmenlah terhadap pilihan kita dan berfokuslah terhadapnya agar apa yang kita pilih dapat memberikan timbal balik yang positif untuk kita.

7. Belilah barang sebutuhnya

Gunakan uang sebaik mungkin jangan hanya mencari barang yang tidak terlalu bermanfaat untuk kita dan carilah barang yang bisa menunjang kebutuhan kita agar dapat mempermudah kita dalam segala hal dikehidupan kita sehari-hari.


Demikian sedikit ilmu yang bisa penulis bagikan, penulis memahami pasti ada kekurangan dalam tulisan yang penulis bagikan. Oleh sebab itu sangat penulis harapkan kritik dan saran yang baik untuk penulis agar dapat menjadi bahan evaluasi dalam membangun kemampuan penulis agar lebih baik lagi kedepannya dalam menulis.

 Terima kasih..

1 Response to "Berbagi Sedikit Ilmu Kehidupan"

  1. Luar biasa...
    Tulisan yang dapat memotivasi sesama manusia.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel